Perlukah Waspada Jika Anjing Di Dekat Anak-anak?


Beberapa hari yang lalu, saya terjaga saat tidur malam karena mendengar ada suara anjing menggonggong di depan rumah.  Meski ada jaga malam komplek namun pagar rumah tidak terlalu tinggi. Jadi rasa takut tetap ada.

Alasan ketakutan saya bukan karena takut si anjing akan masuk rumah, namun karena keberadaannya yang entah  sengaja dibawa keliling atau ada anjing liar masuk komplek. Saya tidak berani melihat keluar. Setahu saya meski  baru 7 bulan tinggal di komplek perumahan ini, belum pernah sekalipun mendengar suara anjing di siang apalagi malam hari.

Paginya saya coba tanyakan ke anak pertama, apakah dia juga mendengar suara anjing tadi malam karena posisi kamar dia di depan. Ternyata dia juga mendegarnya.

Dan momen ini saya manfaatkan untuk mengedukasi  anak-anak bagaimana seharusnya jika ada anjing di dekat mereka. Terutama untuk terhindar dari gigitan anjing.

Berikut langkah yang saya kenalkan pada anak-anak di rumah:

Kenalkan mengenai hewan anjing baik melalui gambar, video, film atau cerita.

Kenalkan hewan pemakan apa anjing tersebut

Kenalkan jika hewan anjing  ada yang jinak dan ada yang berbahaya untuk didekati.
Beritahu mengenai, jangan mendekati anjing yang belum dikenal, yang sedang makan, tidur atau bersama anaknya (kecuali ada pemilikinya).

Kenalkan mengenai  najisnya serta bagaimana menangani najis tersebut. Dan kenapa Allah melarang memelihara hewan anjing.

Beritahu untuk mengusahakan jangan berlari, berteriak atau membuat keributan di dekat hewan anjing.

Jika didekati anjing, coba usahakan tenang dan biarkan anjing mengendus kita sebelum meninggalkannya.

Dan ajarkan pada anak untuk tetap menyayangi hewan  meski hewan itu dilarang untuk dibelai, disentuh apalagi dicium.

Hewan anjing memang kerap dijadikan orang untuk menjadi sahabat dan penjaga rumah.  Kalau menyaksikan film-film mengenai hewan ini selalu banyak cerita mengharukan megenai kesetiaan mereka terhadap tuan/pemiliknya.

Hewan ini memang banyak jenisnya. Tidak semua buas namun kewaspadaan itu perlu. Dan anak-anak wajib dikenalkan dengan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi jika mereka mendekati hewan ini.

Yuliana

Komentar