Milo Roll (NO OVEN)



Untuk membuat hati putra sulung senang  dihari spesialnya yaitu milad ke 14 tahun. Saya ingin membuat cemilan atau kue yang tak pernah dibikin sebelumnya.

Beberapa hari ini, saya coba cari cara bagaimana membuat kue tanpa harus menggunakan mixer dan oven.
Kenapa?
Karena saya belum punya kedua benda tersebut…huaaaaaaw

Dengan keinginan kuat, saya pun coba cari resep yang bisa dipraktikkan. Dan ketemulah resep ini. Sebenarnya resep asli tidak menggunakan susu milo sih. Saya aja yang modifikasi karena keterbatasan bahan dan gerak  untuk mencari bahan tersebut di kota kecil ini.

Resep ini saya beri nama MILO ROLL
Bahan A
250 gram tepung terigu ( boleh pakai cakra)
1 butir  kuning telur ayam
2 gram garam
5 gram ragi
130 ml air hangat/air es (boleh pakai susu hangat)
40 gram margarin ( boleh pakai unsalted butter/minyak)

Bahan B
1 sachet susu milo (boleh kayu manis bubuk)
2 sdm gula pasir
1 sdm mentega cair

Bahan C
3 sdm gula halus
2 sdm susu cair

Cara membuat
Campur ragi dan air aduk rata diamkan sekitar 5 menit dan berbuih (jika tidak berbuih maka ragi tidak bisa digunakan). Ganti yang lain.

Campur bahan A dan aduk perlahan dengan pengaduk atau bisa pakai tangan (atau masukkan langsung ke mixer)

Uleni adonan selama 30 menit dan tekturnya kalis (adonan tidak putus dan elastis)

Tutup dan diamkan adonan di suhu hangat selama 30 menit (tergantung suhu ruangan. Jika ruangan hangat maka bisa lebih cepat mengembang)

Setelah mengembang. Ambil adonan dan pipihkan dengan rolling pin.

Bentuk adonan persegi panjang 30x30cm

Olesi adonan dengan mentega cair. Taburi bahan B secara merata diatas adonan

Gulung adonan perlahan. Potong sesuai selera

Susun potongan adonan di panci anti lengket. Tutup dan diamkan 30 menit (tergantung suhu ruang).

Panggang di api kecil sekali selama 10 menit.

Setelah 10 menit baliklah roti di wajan yang lain. Tutup. Panggang lagi 10 menit.

Kemudian keluarkan dari wajan dan sajikan

Taburi permukaan dengan gula pasir atau bahan C (gula dan susu diaduk rata)

Nah, karena saya tidak menggunakan oven. Jadi saya disini menggunakan panci anti lengket saja. Roti dipanggang di kompor biasa. Kemudian dibalik ke panci/wajan anti lengket lainnya untuk memanggang bagian atasnya.

Dan milad ke 14 tahun abang Daffa pun jadi terlaksana dengan sarapan MILO ROLL. yummyyy

Yuliana


Komentar