Kaldu Udang Zerowaste


Suka makan udang?
Terus bagaimana dengan kulit dan kepala udangnya?
Dibuang?
Atau jadi pakan ternak?
Kalo punya hewan piaraan sih gampang tapi yang tinggal di perkotaan, bagaimana?
Nah, ini yang menjadi kegelisahan saya yang suka makan udang dan tidak punya hewan piaraan atau tidak punya tetangga yang piara hewan.  Apalagi jika petugas sampah tidak datang tiap hari, tentu aroma dari sampah kulit dan kepala udang tersebut tak enak untuk dinikmati penciuman.

Dengan tekat terus belajar hidup minim sampah. Saya terus mencari cara bagaimana memanfaatkan kepala dan kulit udang  agar tidak berakhir menjadi sampah.

Jadi setelah beberapa waktu yang lalu, menemukan resep kaldu udang dari limbah kulit dan kepala udang. Saya langsung praktikin aja.

Dan berikut saya bagikan resep kaldu udang praktis. Ini adalah usaha saya agar tak lagi merasa bersalah karena mengkotori bumi dengan sisa konsumsi dari rumah.

Bahannya
Kulit dan kepala udang dari 1 kilo udang (kira-kira 300 gram)
Air 100 ml
Garam secukupnya

Cara membuatnya
Kelapa dan kulit udang dicuci bersih, tiriskan. Kemudian  oseng di wajan anti lengket sampai kering dengan terus diaduk-aduk

Setelah itu haluskan dengan blender

Kemudian kulit and kepala udang yang sudah halus dioseng lagi dan ditambahkan air  serta garam sampai benar-benar kering

Blender lagi sampai kering halus sesuai keinginan

Setelah dingin simpan di wadah kering.

Belajar minim sampah memang tidak mudah namun harus segera dilakukan sejak sekarang. Perlahan namun pasti dengan usaha yang konsisten  kita bisa mengurangi sampah dari rumah.

Sekarang saya terus belajar untuk membawa tempat/wadah jika keluar rumah, tidak membuang sampah plastik dan kemasan, menolak kresek, membuat ecobrick, mengolah komposter, membuat eco enzym, membuat MOL, membuat sabun mijel, memilah sampah di rumah, regrow tanaman, mengganti tissue dengan kain, repurpose baju bekas dan menyimpan minyak jelatah.

Dan yang paling penting adalah hanya mengkonsumsi yang benar-benar dibutuhkan saja sehingga sisa konsumsi pun bisa dikurangi.


Yuliana



Komentar