15th We Made It


Rumah tangga dan pernikahan adalah sebuah komitmen besar dari 2 orang, 2 karakter, 2 sifat dan 2 latar belakang yang berbeda.

Menikah itu mudah. Yang berat itu membuat terus langgeng meski ada gelombang-gelombang yang akan menghadang dalam perjalanannya.

Cinta memang penting namun itu bukanlah hal pokok yang bisa membuat pernikahan dan rumah tangga menjadi sebuah hubungan sehat. Pernikahan itu ibadah. Jadi kedua belah pihak harus memahami betul peran masing-masing sebagai pasangan.

Tak da pernikahan yang mulus selamanya. Semua pasti melewati masa-masa yang penuh tantangan. Namun kebahagiaan itu tentulah selalu ada jika kita mau bersyukur dengan apa yang sudah diberikan Sang pencipta.

Karena besok Alhamdulillah usia pernikahan kami memasuki usia 15 tahun. Jadi saya mau berbagi tips agar pernikahan terus langgeng:

Kenali pribadi masing-masing
Terus berusaha menerima dengan ikhlas pasangan masing-masing. Jangan berusaha mengubah atau minta agar pasangan berubah sesuai kemauan kita. Hargai tiap perubahan dan perbaikan sekecil apapun. Terus memupuk toleransi jika ada perbedaan.


Siapkan satu waktu untuk ngobrol berdua
Buatlah kesepakatan untuk meluangkan waktu lebih leluasa mendiskusikan apa yang terjadi dan yang dirasakan dengan pasangan. Jadikan waktu ngobrol sebagai cara kita melatih berkomunikasi dengan pasangan dan mengenalnya lebih dalam. Jika timbul ada perbedaan, maka bicarakan. Namun jangan memaksakan pendapat kita pada pasangan. Contoh fillow talk.

Terus belajar berkomunikasi  win-win solution
Mendengarkan dengan aktif apa yang disampaikan pasangan. Menghargai saat pasangan berbicara. Terus buka hati dan pikiran untuk mendengarkan  apa yang diutarakan dengan kontak mata. Cari solusi yang terbaik untuk kebaikan bersama.

Hiasi pernikahan dengan humor
Pernikahan tak hanya seputar hal yang serius dan rutinitas menjemukan. Luangkan waktu untuk bersenang-senang berdua seperti pergi hanya berdua, nonton, makan berdua, olahraga, jalan santai dan membicarakan hal lucu yang hanya kita yang tahu. Mengenang hal  konyol saat pertama bertemu dan lain-lain. Dengan humor antar pasangan akan lebih mempererat hubungan batin.

Jangan bersikap negatif  dengan pasangan
Setiap pasangan pastai ada kekurangannya. Tak terlepas kita pula. Jadi sikap negatif hanya akan merenggangkan hubungan dan komunikasi antar pasangan. Apalagi jika sudah ke tahap benci. Tentu akan memperkeruh hubungan pernikahan yang kita bangun bersama. Belajar menerima kekurangannya seperti juga kelebihannya.

Happy Anniversary 15th  for My lovely

Yuliana

Komentar